Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Ridwan Saidi Digugat, Ratusan Massa di Ciamis Turun ke Jalan

Berita Ciamis, galuh.id – Ratusan massa di Ciamis menggelar aksi solidaritas turun ke jalan. Hal itu mengecam keras pernyataan tokoh budayawan Betawi, Ridwan Saidi, Jumat (14/2/2020).

Aksi unjuk rasa tersebut dihadiri oleh unsur tokoh budayawan dari berbagai paguyuban di Ciamis, serta berbagai elemen masyarakat lainnya.

Aksi dilakukan dengan menandatangani petisi di atas kain putih sebagai bentuk dukungan dan kepedulian warga masyarakat Kabupaten Ciamis.

Massa di Ciamis Melakukan Tandatangan Petisi

Petisi itu atas pecelehan nama Galuh yang diucapkan Ridwan Saidi pada kanal Youtube beberapa waktu lalu.

Andy Elfikri, salah seorang tokoh masyarakat di Ciamis yang ikut dalam aksi unjuk rasa tersebut mengaku sangat tersinggung dengan pernyataan Ridwan Saidi.

“Kita sebagai masyarakat Ciamis merasa tersinggung ketika Ciamis ini disebut tidak memiliki potensi, terlepas tentang definisi kerajaan atau apapun itu,” terangnya.

Menurutnya, definisi pemahaman Ridwan Said terkait arti Galuh adalah brutal itu referensinya tidak jelas. Andi menilai, Ridwan Saidi telah membuat suasana Ciamis jadi tidak kondusif.

“Kalau memang Ridwan Saidi itu adalah seorang intelektual dan punya kepedulian tentang bangsa ini, silakan datang ke Ciamis. Sekaligus sampaikan dengan benar, jangan hanya membuat kegaduhan,” tuturnya.

Andy mengatakan, Galuh adalah wawasan warisan yang kita bangun dari generasi ke generasi dan sudah melekat di hati kita. Ada filosofis historisnya. Sunda Galuh, kita orang sunda, ada galuhnya juga.

Lanjutnya, harus dipecahkan jika memang ada permasalahan dalam perbedaan definisi. Ini yang akan kita ukur, kapasitas intelektual Ridwan Saidi terkait masalah ini.

“Buka wacana edukasinya kalau dia memang betul-betul seorang ilmuwan, tapi kalau tidak, jangan membuat pernyataan yang membuat Kabupaten Ciamis menjadi tidak kondusif,” tegasnya.

Aksi ini pun menuntut Ridwan Saidi untuk mengklarifikasi pernyataannya yang dinilai menyinggung perasaan warga masyarakat Kabupaten Ciamis.

Dalam tuntutannya, mereka minta Ridwan Said untuk klarifikasi dan minta maaf atas semua pernyataan dan pelecehan nama Galuh kepada warga masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Kami menuntut Ridwan Saidi untuk klarifikasi dan minta maaf, jika tidak, kami akan gugat dan laporkan Ridwan Said karena telah membuat gaduh Ciamis,” tandasnya. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.

Harga HP Xiaomi Redmi Note 9, The Legend Continous

Harga HP Xiaomi Redmi Note 9 tentunya akan menjadi pertanyaan Anda yang ingin menggunakan smartphone ini.  Pihak Xiaomi juga bersiap untuk event...