Jumat, 17 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
 
 

Selamat! Pasar Galuh Kawali Juara 1 Festival Pasar Rakyat Tingkat Jabar

Ciamis, galuh.id – Pasar Galuh Kawali jadi juara 1 di Festival Pasar Rakyat Juara tingkat Provinsi Jawa Barat 2019 karena dinilai bersih dan mampu bersaing dengan pasar modern.

Dari kejuaraan itu, Kabupaten Ciamis mendapat uang pembinaan sebesar Rp 25 juta dan satu buah mobil mini bus Suzuki APV. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan hadiah secara langsung kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis diwakili Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Ciamis, Yusuf. 

Yusuf mengatakan, Festival tersebut baru pertama kali dilakukan. Menurutnya, Festival Rakyat Juara itu akan memacu daerah untuk memperbaiki pasar lebih baik.

“Alhamdulillah Ciamis jadi juara 1 dalam Festival Pasar Rakyat Juara 2019. Pasar Galuh Kawali yang masuk nominasi dalam kategori pasar kecil,” ujar Yusuf di Kantornya, Senin (25/11/2019).

Ia mengatakan, pihaknya tidak mengetahui kalau Pasar Galuh Kawali masuk nominasi. Secara tiba-tiba Yusuf mendapat undangan ke Bandung untuk menggelar ekspose terkait Pasar Galuh Kawali.

“Memang sebelumnya kita mendaftarkan Pasar Kawali untuk nominasi pasar kecil. Tapi kita tidak tahu kalau masuk nominasi enam besar. Tahu-tahu kita disuruh ekspose di Bandung,” ujar Yusuf.

Ternyata, katanya, apa yang ditemukan oleh tim Gubernur Jawa Barat sama dengan materi yang diekspose Dinas Perdagangan Ciamis. 

Menurut Yusuf, dirinya hanya menerima pertanyaan tentang masalah sosial di sekitar Pasar Galuh Kawali. Serta memberi pertanyaan tentang persaingan pasar tradisional dengan pasar modern di Kabupaten Ciamis.

“Kita jawab kalau pasar modern memang sebagai kompetitor. Dan menurut kami, kompetitor itu biasa di dalam hukum pasar. Itu kan biasa, pasti ada persaingan dari jual beli itu. Hanya saja, sebagai pasar tradisional harus mampu memberikan persaingan dalam pelayanan kepada pembeli,” katanya.

Menurutnya, jumlah kios di Pasar Kawali sebanyak 426 kios dan ada 94 loss. Pasar Kawali bisa bersaing dengan pasar modern karena sudah tidak ada yang kotor dan becek. Semuanya bersih serta higienis.

Dalam penilaian Pasar Galuh Kawali dinilai paling bersih dari sekian pasar yang dinilai oleh tim penilai perwakilan dari provinsi, hal tersebut membuat Pasar Galuh Kawali mendapatkan nilai tinggi dari kebersihannya dan fasilitas umum yang tersedia.

“Pasar Kawali bukan pasar yang dahulu orang bilang itu kotor, sehingga pembeli juga males untuk belanja. Tapi pasar tradisional di Ciamis sudah benar-benar bersaing dengan pasar modern,” ucapnya. (GaluhID/Taz)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendara Motor di Ciamis Wajib Jaga Jarak

Berita Ciamis, galuh.id -Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengendara motor di Ciamis harus jaga jarak ketika berhenti di lampu merah. Hal...

Warga Sambut Baik Pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga sambut baik dengan pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis untuk kendaraan angkutan barang yang menuju Jawa Tengah.

Pemkab Ciamis Usulkan 3 Hutan Konservasi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis mengusulkan 3 hutan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal, Gunung Geger Bentang...

Temukan Kami

49,340FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...