oleh

Sosialisasi Penanggulangan Bencana Digelar BPBD Ciamis di Banjarsari

 
 

Banjarsari, galuh.id– Sosialisasi penanggulangan bencana digelar BPBD Ciamis di Aula Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jum’at (8/11/2019).

Sosialisasi ini bertujuan unutuk umemberikan pembelajaran terkait bencana. Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut hadir Kepala BPBD Ciamis H M Soekiman.

Soekiman mengatakan, Kabupaten Ciamis merupakan wilayah yang berpotensi besar rawan bencana, seperti longsor, gempa bumi, banjir, pergerakan tanah dan kebakaran.

“Untuk mengetahui bahwa kita berada di wilayah rawan bencana serta bagaimana menanggulanginya, maka perlu ada penjelasan dan pengetahuan kepada masyarakat,” kata Soekiman.

Selain itu,  menurutnya, di desa perlu dibentuk Desa Tangguh Bencana. Desa Tangguh Bencana adalah desa yang yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana.

“Seperti di sini di Banjarsari, bencana yang biasa terjadi yaitu bencana banjir. Untuk menghindari bencana tersebut kita harus mampu mengantisipasinya. Seperti harus mengetahui mana tempat yang aman dan harus tahu mana jalur evakuasi,” terang Soekiman.

Kata dia, bencana kadang terjadi lantaran ulah manusia. “Seperti banjir, kenapa banjir selalu menimpa di daerah kita? Untuk mengurangi musibah tersebut, maka sungai jangan dijadikan tempat pembuangan sampah,” jelasnya.

Sementara kepala Desa Banjarsari, Ropik Hikmayana, berharap dengan adanya sosialisasi ini diharapkan  masyarakat mampu menghadapi dan mengantisipasi  bencana. (GaluhID/Uus)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA