Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Urus SIKM Ingin Balik ke Jakarta, Pemudik di Ciamis Datangi Posko Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id – Pemudik di Ciamis yang akan kembali bekerja di Jakarta ramai-ramai mendatangi Posko Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Kabupaten Ciamis. Kedatangan mereka untuk mengurus surat keterangan bebas Covid-19.

Sebagaimana diketahui, pemudik yang ingin kembali ke Jakarta wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Surat keterangan bebas Covid-19 atau dinyatakan selesai menjalani isolasi mandiri ini termasuk salah satu persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengurus SIKM.

Ketua Tim Penanganan Covid-19 Ciamis, Eni Rochaeni mengatakan, sejak H+1 Lebaran hingga sekarang, tak kurang dari 50 warga setiap harinya datang ke Posko untuk menanyakan soal pengurusan SIKM.

Posko Covid-19 Hanya Melayani Surat Keterangan Pemeriksaan

Padahal di Posko hanya memberi surat keterangan pemeriksaan yang menyatakan telah menyelesaikan masa isolasi mandiri.

“Lima puluh orang lebih tiap harinya. Mereka datang ke Posko ingin dibuatkan SIKM. Di sini kan tidak bisa. Karena itu kan dari DKI Jakarta dalam upaya pencegahan Covid-19,” ujar Eni, Kamis (28/5/2020).

Kendati begitu, Eni mengaku tetap melayani para pemudik warga Ciamis yang datang ke Posko.

Mereka diberikan pemahaman untuk memproses pembuatan SIKM dengan menunjukan website corona.jakarta.go.id/id/izin-keluar-masuk-jakarta.

Eni berkata, sejumlah pemudik di Ciamis datang ke Posko ingin mengurus surat keterangan telah selesai masa isolasi mandiri karena telah mudik ke Ciamis.

”Pemudik di Ciamis ini ada yang ke Jakarta, Bekasi, Karawang, Bogor juga Bandung. Mereka kembali ke sana untuk kerja,” jelas Eni.

Maman (52), salah seorang pemudik warga Ciamis, mengaku datang ke Posko untuk mengurus pembuatan SIKM. Dia harus kembali ke Jakarta untuk bekerja karena telah dipanggil oleh pihak perusahaan.

Dia datang ke Ciamis pada pertengahan bulan Ramadan dan telah menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

“Kirain bisa ngurus SIKM disini. Tapi ternyata harus online. Kembali ke Jakarta lebih ribet daripada pulang ke Ciamis. Jadi sekarang hanya ngurus surat keterangan telah selesai isolasi dan dinyatakan sehat,” pungkas Maman.

Beberapa persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengurus SIKM, diantaranya sebagai berikut :

Pertama, form keterangan dari desa/kelurahan asal. Form ini diisi oleh pemdes di Ciamis yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah benar warga Ciamis yang akan pergi ke jakarta untuk tujuan bekerja atau keperluan lainnya.

Kedua, surat pernyataan sehat yang diisi oleh dirinya sendiri. Isi form menyatakan riwayat kesehatan (pernah covid/tidak, pernah dirawat/tidak, pernah test/tidak) yang ditandatangani oleh dirinya sendiri di atas materai.

Ketiga, surat keterangan bekerja dari perusahaan/instansi yang bersangkutan di Jakarta yang diisi oleh lembaga tersebut.

Keempat, surat jaminan kesehatan dari keluarga di Jakarta yang ditandatangani oleh perwakilan keluarga di Jakarta di atas materai. Selain itu, surat jaminan kesehatan dari perusahaan di Jakarta yang ditandatangani oleh perusahaan diatas materai. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...