Sabtu, 26 September 2020
Sabtu, 26 September 2020
 
 

Ciamis Butuh Tambahan Mobil Pemadam Kebakaran

Ciamis, Galuh.ID – Musim kemarau panjang menyebabkan bencana kebakaran kerap terjadi di wilayah kabupaten Ciamis. BPBD kabupaten Ciamis mencatat kebakaran terjadi di 60 titik wilayah kabupaten Ciamis sepanjang bulan Januari hingga Oktober 2018. Penyebabnya pun beragam mulai dari konsleting listrik, pembakaran sampah hingga pembakaran tungku hawu.

Salah satu kendala untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran adalah kurangnya armada mobil pemadam kebakaran (Damkar). Pemkab Ciamis hanya memiliki 3 mobil Damkar dan itu pun terparkir di tengah-tengah kota Ciamis. Hal ini tentu menyulitkan usaha pemadaman api saat terjadi kebakaran di daerah pelosok Ciamis.

Akibatnya penanggulangan kebakaran terkendala oleh jarak yang jauh ke tempat kejadian. Seperti contoh akhir-akhir ini kebakaran terjadi di kecamatan Rancah, mobil Damkar yang terparkir di Imbanagara, kecamatan Ciamis memerlukan waktu paling cepat 1 jam sebelum sampai ke tempat kejadian. Maka tak heran jika ketika mobil Damkar datang, api sudah padam dan rumah sudah lenyap dilalap si jago merah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengeluhkan minimnya mobil Damkar yang dimiliki Pemkab Ciamis sehingga tidak efektif untuk upaya pemadaman api. Ani mengusulkan agar mobil Damkar ditambah dan diadakan motor pemadam kebakaran yang bisa menjangkau lokasi kebakaran lebih cepat.

“Kalau bisa mobil dan motor pemadam kebakaran ada di setiap kecamatan sehingga apabila ada kejadian kebakaran bisa cepat tertangani,” usulnya.

Hal yang sama dikeluhkan oleh Dudung, Kabid Pemadam Kebakaran kabupaten Ciamis. Menurut pengakuan Dudung, dirinya sudah beberapa kali mengajukan penambahan mobil pemadam kebakaran namun belum terealisasi.

“Kalau bisa dibikin pos di setiap eks Kwadanan dan disimpan 1 unit mobil pemadam kebakaran untuk mencakup wilayah terdekatnya, agar apabila terjadi bencana kebakaran langung cepat tertangani,” pungkasnya.

(Arul)

Loading...

Artikel Terkait

Ciptakan Perubahan, Pemuda Islam di Ciamis Harus Aktif dalam Perpolitikan

Berita Ciamis, galuh.id - Pemuda Islam harus ikut berkontribusi dalam pembangunan dan berkompetisi untuk mengisi posisi kepemimpinan dari mulai level nasional hingga...

PKK Ciamis Beri Kontribusi Besar di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - PKK Ciamis telah memberi kontribusi besar di tengah pandemi Corona. Di bawah komando TP-PKK Kabupaten Ciamis, PKK ikut...

Tren Corona Meningkat, Satgas Penanganan COVID-19 Siap Dibentuk Pemkab Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar persiapan pembentukan Satgas penanganan COVID-19 melalui video conference dari ruang Oproom Setda Ciamis, Kamis, (24/9/2020).

Temukan Kami

48,739FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Thomas Alva Edison, Fisikawan yang Tidak Tamat SD

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Pada tahun 1854, orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan....

Apa Arti Belajar Daring? Tips Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Apa arti belajar Daring dan bagaimana tips belajar saat pandemi Covid-19 untuk guru dan siswa, maupun mahasiswa dan dosen?

Literasi Informasi, Modal Penulis Berkembang di Era Digital

Perkembangan dunia digital dan munculnya begitu banyak platform digital yang semakin merambah ke segala bidang. Hal ini membuat penulis semakin mudah menuangkan...

Ilmuwan ITB Prediksi Tsunami Setinggi 20 Meter

Berita Nasional, galuh.id- Berita mengenai bencana banjir belum lagi reda, kembali jagad media online diramaikan oleh pernyataan ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB)...

Bayern Munchen Juara, Hadiah Ulang Tahun untuk Thomas Muller

Bayern Munchen juara setelah menaklukan lawannya, Sevilla dengan skor tipis 2-1. Kampiun Liga Eropa tersebut terpaksa harus menerima kekalahan di babak tambahan.