Sabtu, 5 Desember 2020
Sabtu, 5 Desember 2020
 
 

Dengan Berjualan Durian, Peserta PKH di Ciamis Mengundurkan Diri di Hadapan Bupati

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Namun Bansos PKH ini bukan bantuan yang permanen dan dijadikan tumpuan hidup satu-satunya untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Adanya kewajiban KPM mengikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) adalah untuk menjadi salah satu sarana agar KPM bisa mandiri dan segera keluar dari kepesertaan PKH.

“Para pendamping melakukan P2K2, salah satunya untuk memberikan motivasi serta mendampingi KPM untuk mandiri sehingga bisa terlepas dari kepesertaan PKH dan meningkat taraf ekonominya menjadi tidak miskin,” jelas salah satu Kordinator PKH Kabupaten Ciamis Indra Maulana, S.IP.,M.M.

Pendamping dinyatakan berhasil jika dapat memberikan motivasi serta dampingan, agar KPM PKH tersebut jika yang sudah mandiri atau sejahtera segera mengundurkan diri.

Dan kegiatan P2K2 yang dilakukan rutin oleh pendamping serta diikuti oleh KPM PKH terbukti dengan banyaknya yang mengundurkan diri dari kepesertaan PKH.

Salah satu contoh yang mengharukan dan bisa menjadi inspirasi untuk KPM PKH lainnya adalah keluarnya salah satu KPM PKH Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

Lia Peserta PKH di Ciamis Mengundurkan Diri

Adalah Lia Suryamah KPM PKH Desa Kalijaya yang menyatakan mengundurkan diri di hadapan Bupati Ciamis serta Ketua DPRD Kabupaten Ciamis saat gelaran Festival Durian, Rabu (19/02/2020).

Lia adalah pedagang durian dan memiliki suami penyandang disabilitas daksa sehingga untuk berjalannya menggunakan bantuan kaki palsu.

Keterbatasan yang dialami oleh suaminya tidak menjadikan Lia berkecil hati apalagi putus asa, sehingga Lia tetap semangat untuk melakukan perbaikan kondisi ekonomi.

“Ibu Lia selalu hadir mengikuti P2K2, dan saya lihat memang memiliki semangat yang tinggi hingga pada akhirnya selesai P2K2, Ibu Lia mengutarakan maksudnya mengundurkan diri dari PKH,” Jelas Pendamping PKH Yadi, S.HI.

Menurut Yadi, Lia memang sudah bertekad untuk mengundurkan diri meskipun kondisi ekonominya belum bisa disebut kaya. Setelah sepakat dengan suami Lia langsung mengutarakan maksudnya.

Bahkan Lia setelah menyatakan mengundurkan diri dari kepesertaan PKH di hadapan pendamping, Lia pun menyatakan diri keluar dari PKH di hadapan Bupati Ciamis dan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis.

Moment tersebut terjadi pada pembukaan Festival Durian, dan Lia beserta suami turut serta buka stand dengan nama Berkah Buah.

Saat rombongan Bupati Ciamis berkeliling stand, Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M yang didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Ciamis H. Nanang Permana, S.H tertegun melihat stand Berkah Buah.

“Kenapa ini ada KTP dan KK segala?” tanya bupati, dan langsung dijawab oleh Yadi, S.HI selaku pendamping PKH yang mendampingi Lia yang mengundurkan diri dari kepesertaan PKH.

Yadi menjelaskan, Lia telah menyatakan mengundurkan diri dari kepesertaan PKH karena Lia sudah merasa mampu dengan berjualan durian.

Ketua DPRD H Nanang Permana, S.H pun memberikan apresiasi atas pengunduran diri Lia dari peserta PKH. Meskipun suami mengalami disabilitas daksa dan berjalan dengan kaki palsu.

“Wah ini patut ditiru, dengan berjualan durian bisa sejahtera,” ucap Ketua DPRD Kabupaten Ciamis H. Nanang Permana, S.H.

Pada kesempatan tersebut Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M mengucapkan selamat pada Lia serta mendoakan agar usaha Lia semakin berkah. (GaluhID/Ardiansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Nakes Terpapar Corona, Pelayanan RSUD Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Pelayanan RSUD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tutup 3 hari. Penutupan ini akibat banyaknya tenaga kesehatan di rumah sakit yang terpapar...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu (02/12/2020). Pasalnya warga...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker saat berkendara. Satgas...

Temukan Kami

48,331FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Nakes Terpapar Corona, Pelayanan RSUD Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Pelayanan RSUD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tutup 3 hari. Penutupan ini akibat banyaknya tenaga kesehatan di rumah sakit yang terpapar...

Serdy Ephy Fano: Striker Timnas Indonesia U-19 Kembali Bikin Malu

Serdy Ephy Fano ternyata belum bisa benar-benar berubah. Sebelumnya, Serdy dicoret sebelum berangkat TC bersama Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia karena Indisipliner. Kini ia...

Cristiano Ronaldo Raih Golden Foot 2020, Bagaiamana dengan Messi?

Cristiano Ronaldo raih Golden Foot 2020 yang menandakan pemain asal Portugal tersebut semakin menajamkan persaingannya dengan Lionel Messi. Pemain bintang yang kini berseragam Juventus tersebut...

Kelebihan HP Oppo Reno5 Lengkap dengan Fiturnya, Simak Harganya!

Kelebihan HP Oppo Reno5 berada pada kategori kelas mid-range yang tentu saja Anda layak untuk membelinya. Bahkan seri ini memiliki harga penjualan sekitar Rp 5 jutaan...

Sinopsis Bus 657 (The Heist), Perjuangan Ayah Merampok Demi Anak

Sinopsis Bus 657 atau The Heist yang tayang malam ini pada acara Bioskop Trans TV, 4 Desember 2020 pukul 21.30 WIB. Film ini termasuk dalam...