KESBANGPOL Ciamis Gelar Kegiatan Wawasan Kebangsaan untuk Generasi Muda

42

Ciamis, galuh.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Ciamis menggelar kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa tahun 2018 di salah satu hotel di Ciamis kota, Senin (10/12/2018).

Tema kegiatan tersebut “Melalui Kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Bangsa Kita Wujudkan Pelajar dan Generasi Muda Kabupaten Ciamis Memiliki Karakter Kebangsaan”.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala BNN kabupaten Ciamis, Kepala Dandim 0613 Ciamis dan perwakilan Kapolres Ciamis.

Peserta yang diundang berasal dari perwakilan 10 orang siswa dari setiap sekolah yang berlokasi di sekitar Ciamis kota, utusan dari Pondok Pesantren, Karang Taruna Kabupaten Ciamis dan KNPI Kabupaten Ciamis.

Dalam kegiatan tersebut diundang pula bupati Ciamis Iing Syam Arifin namun berhalangan hadir karena ada kegitan lain. Sehingga sambutan dari Bupati Ciamis dibacakan oleh perwakilan dari Pemda Ciamis.

Isi sambutan bupati Ciamis tersebut adalah berkenaan dengan diselenggarakannya kegiatan peningkatan kebangsaan pemerintah yang didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa pemerintah wajib menyelenggarakan pendidikan wawasan kebangsaan.

Kegiatan ini merupakan langkah strategis bangsa dalam menjaga dan memelihara integritas bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 45, Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika.

Andang F. Triyadi Kepala Badan KESBANGPOL Ciamis dalam sesi wawancara dengan awak media menyampaikan tujuan kegiatan ini, yaitu memberikan pemahaman mengenai penerapan tentang nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dan menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa sendiri.

“Dengan diselengarakan kegiatan ini berharap minimal ada tumbuh kembang mengenai bagaimana mengamalkan identitas bangsa Pancasila dan UUD 1945,” ujar Andang.

Andang menginginkan pelajar dan generasi muda di kabupaten Ciamis menjadi penggerak atau motor bagi siswa-siswa dan generasi muda yang lain yang tidak mengikuti kegiatan ini.

(Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini