Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Makanan Penyebab Bau Badan, Wajib Dihindari Demi Pergaulan!

Makanan penyebab bau badan penting untuk Anda ketahui. Anda bisa menghindari makanan-makanan tersebut demi pergaulan yang sehat dengan orang-orang. Jangan sampai teman atau kolega menjauh hanya karena Anda bau badan.

Manusia memang perlu makan dan beraktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadikan manusia mengkonsumsi makanan. Tubuh kemudian mengolah makanan tersebut menjadi energi dan metabolisme tubuh.

Setiap yang bernyawa ketika melakukan aktifitas akan mengeluarkan keringat sejalan dengan metabolism tubuh. Setiap manusia akan berbeda frekuensi, aroma dan jumlah ketika melakukan aktivitas yang sama.

Baca Juga: Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan-bahan Alami, Gampang Banget!

Manusia mempunyai struktur kulit dan pori yang berbeda sehingga setiap kegiatan akan berbeda jumlah keringat yang keluar.

Untuk mengatasi bau badan biasanya manusia menggunakan deodoran untuk mengurangi efek keringat ketika beraktivitas.

Selain itu juga, makanan harus sangat diperhatikan karena makanan yang menjadi sumber energi dan metabolism akan mengambil sari-sari dari makanan yang kita makan.

Berikut beberapa makanan penyebab bau badan yang harus Anda hindari:

Brokoli dan Kubis

Dua sayuran ini memiliki manfaat untuk membersihkan racun tubuh dengan senyawa sulfur yang mengemas nutrisi dan antioksidan. Baik brokoli maupun kubis menjadi makanan penyebab bau badan karena sulfur yang terkandung bereaksi dan bisa menyebabkan perut kembung.

Umbi Merah

Tanaman umbi-umbian yang satu ini mengandung senyawa metil untuk nutrisi tubuh, tetapi metil ini ketika berada di pencernaan akan membuat senyawa TMA yang nantinya akan keluar melalui keringat sehingga bisa menyebabkan bau badan.

Kopi

Kopi menjadi minuman wajib yang harus ada untuk laki-laki  karena bisa menemani kerja untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun dalam kopi juga terdapat senyawa kafein yang merangsang kelenjar keringat aktif.

Alangkah lebih baiknya menjaga jumlah kopi yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan, karena kopi bisa jadi makanan penyebab bau badan.

Durian

Durian merupakan makanan yang banyak peminatnya, tetapi ada juga yang sangat tidak suka wangi yang dari buah durian ini.

Buah durian mengandung banyak senyawa seperti belerang, lemak, protein, dan karbohidrat yang semuanya ketika bereaksi dalam tubuh bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Makanan dengan Serat Tinggi

Memiliki serat tinggi menjadikan makanan penyebab bau badan karena mengandung gas seperti metana, karbon dioksida, dan hidrogen. Hal ini cenderung membuat perut kita kembung, sering kentut dan menjadi penyebab bau badan

Ikan

Setiap orang pasti cenderung suka yang namanya ikan. Selain kaya akan protein ikan juga memiliki rasa yang enak. Tetapi dalam ikan memiliki kandungan asam amino, trimetilamin serta lainnya yang dapat menjadi penyebab bau badan karena langsung keluar melewati urin, nafas dan keringat.

Bawang Putih

Bawang putih sebagai bahan dapur  untuk masakan yang sering digunakan karena memiliki aroma yang unik dan menambah selera makan.

Baca Juga: Obat Herbal Asam Urat, Aman dan Mudah Didapat

Selain itu, bawang putih juga memiliki senyawa belerang (allin). Allicin berubah menjadi senyawa lain yang menyebabkan bakteri bercampur dan bisa jadi makanan penyebab bau badan.    

Makanan Cepat Saji

Ketika berada di kota besar tentunya kita sulit untuk memasak makanan karena sangat sibuk. Salah satu solusinya dengan membeli makanan cepat saji yang banyak beredar bahkan bisa dengan pesanan online.

Dalam makanan cepat saji memiliki senyawa kimia yang kadar gulanya sangat tinggi sehingga cenderung menumpuk ditubuh dan ketika bereaksi akan menyebabkan bau badan. Oleh karena itu makanan cepat saji termasuk ke dalam makanan penyebab bau badan.

Daging Merah

Daging-dagingan memiliki waktu yang lama untuk dicerna sehingga penumpukan dalam perut akan mengeluarkan senyawa yang akan membuat bau badan.

Rempah-rempah

Aroma kuat dan menyengat pada rempah berasal dari gas sulfur yang diserap oleh anggota badan. Rempah-rempah menjadikan aroma yang berbeda pada keringat seseorang.

Demikian beberapa makanan penyebab bau badan yang harus kita hindari. Namun jika harus mengonsumsi makanan tersebut, maka konsumsilah dalam jumlah sedikit sehingga bau badan kita tidak berlebih dan mengganggu orang lain. (GaluhID/Setiadi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan