Jumat, 15 Januari 2021
Jumat, 15 Januari 2021
 
 

Resesi Ekonomi Indonesia, Apa Dampaknya?

Resesi ekonomi Indonesia tinggal menunggu waktu. Resesi seolah-olah menjadi normal baru, sejak terjadi pandemi Covid-19. Bahkan hampir sebagian besar negara-negara dunia mengisi andil dalam daftar negara yang terperosok jurang resesi.

Sebut saja, Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Singapura, Thailand, hingga Korea Selatan. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia dipastikan bernasib sama dengan deretan negara yang terperosok resesi. Bahkan pemerintah dalam berbagai kesemparan telah memberi sinyal resesi ekonomi.

Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani sendiri memastikan ekonomi Indonesia akan mengalami resesi pada kuartal III 2020.

Sebagai buktinya, Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini dari minus 0,2 persen-1,1 persen telah mengalami revisi yakni minus 0,6 persen hingga 1,7 persen.

Sri Mulyani dalam paparan APBN Kita, Selasa (22/9) juga menyatakan bahwa negatif pertumbuhan ekonomi kemungkinan terjadi pada kuartal III. Selain itu juga berlangsung pada kuartal IV, yang masih upayakan mendekati nol.

Apa indikasi suatu negara dikatakan mengalami resesi ekonomi? Jika pertumbuhan ekonomi tercatat negatif dalam dua kuartal berturut-turut. Pada kuartal II 2020 lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah tercatat minus 5,32 persen.

Artinya Resesi ekonomi Indonesia pun hanya tinggal menunggu waktu. Apalagi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III ini semakin turun, sinyal resesi pun semakin kuat.

Resesi ekonomi memang tidak bisa dihindari, tapi bukan berarti Indonesia harus pasrah atas kondisi tersebut.

Tidak hanya pemerintah tetapi juga kalangan dunia usaha dan masyarakat harus bersama-sama melakuan berbagai upaya secara kompak, agar Indonesia tak berlama-lama terjebak resesi ekonomi.

Loading...

Artikel Terkait

Raffi Ahmad Party Usai Vaksinasi, Berikut Kritikan Keras Dari Sesama Artis

Raffi Ahmad party usai vaksinasi kini menjadi sorotan dan perdebatan hebat dari berbagai kalangan. Sebelumnya aktor dan presenter kondang Raffi Ahmad menjalani vaksinasi Covid 19...

Syeh Ali Jaber Meninggal Dunia, Berikut Kronologi Sakitnya Sebelum Wafat

Syeh Ali Jaber meninggal dunia pada Kamis (14/1/2021) sekitar pukul 08.30 WIB. Kabar tersebut tentunya sangat mengejutkan bagi masyarakat Indonesia khusunya. Sebagaimana kita ketahui, Syeh...

BLT Ibu Hamil dan Balita Senilai Rp 3 Juta, Ini Syaratnya!

BLT Ibu hamil dan balita. Pemerintah kembali memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT), kali ini nilainya Rp 3 juta untuk ibu hamil dan ibu yang...

Temukan Kami

48,153FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya