Tahun 2024, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Ciamis

Ciamis, galuh.id – Sebanyak 11 desa yang berstatus desa tertinggal di Kabupaten Ciamis jadi target kerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

DPMD Ciamis berencana menghilangkan status kesebelas desa tertinggal itu dan mengubahnya jadi desa berkembang.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, DPMD Ciamis Dian Kusdiana menegaskan, desa tertinggal harus meningkat menjadi desa berkembang dan bahkan menjadi desa mandiri pada tahun 2024.

“Kita targetkan, pada 2024 status desa tertinggal di Ciamis akan habis. Tidak ada lagi desa yang tertinggal di Tatar Galuh ini, semuanya meningkat menjadi desa berkembang bahkan menjadi desa mandiri,” kata Dian, Senin (18/11/2019).

Dia juga mengungkapkan, sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bahwa yang disebut desa tertinggal adalah desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi, tetapi tidak mampj mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tentu saja dari jumlah warga miskin di desa tertinggal lebih banyak ketimbang di desa berkembang dan juga infrastruktur wilayahnya masih jauh dari layak,” katanya.

Dia juga mengatakan, status kemajuan dan kemandirian desa yang ditetapkan berdasar Indeks Desa Membangun diklasifikasikan ke dalam lima status desa yakni, Desa Mandiri atau bisa disebut sebagai Desa Sembada.

Lalu ada Desa Maju atau bisa disebut sebagai Desa Pra-Sembada, Desa Berkembang atau bisa disebut sebagai Desa Madya, Desa Tertinggal atau dapat disebut Desa Pra-Madya, dan Desa Sangat Tertinggal, atau dapat disebut Desa Pratama.

“Jumlah desa mandiri di Ciamis sebanyak delapan desa, sementara jumlah desa maju sebanyak 68, desa berkembang 171 desa, Desa Tertinggal 11 desa, desa sangat tertinggal nol. Di 2024 desa mandiri akan bertambah, dan tidak ada desa dengan status desa tertinggal,” tegasnya.

Pihaknya akan berusaha, agar setiap desa di Kabupaten Ciamis lepas dari status desa tertinggal sehingga masyarakat pun otomatis akan meningkat kesejahteraannya. Dan desa yang berstastus tertinggal akan diberikan anggaran lebih untuk untuk mempercepat pembangunan dan mengurangi masyarakat miskin.

“Kami (Dinas) berupaya apapun prosesnya akan kami lakukan, seperti kita lalukan kordinasi dengan pemerintah provinsi untuk mencari program untuk desa, mudah-mudahan upaya ini menghasilkan apa yang diinginkan demi kemajuan desa di Ciamis,” pungkasnya. (GaluhID/Taz)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Masih Ada Tunggakan Gaji, BOPI Belum Keluarkan Rekomendasi Liga 2 2020

Info Liga 2, galuh.id - Sejumlah klub peserta Liga 2 2020 masih menunggak gaji beberapa pemainnya pada musim kompetisi lalu.

HMI Ciamis Desak Kenaikan Tarif PDAM Ditunda

Galuh ID - PDAM Tirta Galuh Ciamis berencana menaikkan tarif air sebesar 14% sampai dengan 22% mulai September 2018. Hal ini dikemukakan pada Temu...

Mantan Pemain PSGC Ciamis ini Bawa PSKC Cimahi Naik ke Liga 2

Info liga 2, galuh.id - Gelandang PSKC Cimahi, Muhammad Arif Ramdhani, punya catatan apik usai membawa timnya promosi ke Liga 2. Ia...

Pangan dan Pertanian di Jabar, Sektor Tangguh di Masa Pademi Covid-19

Berita Jabar, galuh.id - Pangan dan pertanian di Jabar merupakan sektor yang paling sedikit terdampak pandemi Covid-19. Kedua sektor itu mengalami persentase...

Yayasan Ar-Rahman Buktikan Komitmen Sebagai Lembaga Pendidikan Peduli Lingkungan

Ciamis, Galuh ID - Yayasan Pendidikan Ar-Rahman yang berkomitmen untuk membiasakan para siswanya agar menjaga kebersihan dan peduli lingkungan, setelah terbiasa dengan Gerakan Pungut...