Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Siapa tak kenal Coach Heri Rafni Kotari? Publik sepak bola Ciamis tentu akrab dengan pelatih sepak bola yang satu ini, kiprahnya sebagai penggiat sepak bola Ciamis dikenal sejak beliau aktif menjadi pemain di berbagai klub sepak bola nasional. Mulai dari PSGC Ciamis, hingga dilirik klub Bandung Raya. Bukan hanya itu, ketua ASKAB PSSI Ciamis yang biasa dipanggil HRK ini, pernah berlaga bersama Persib Bandung.

Ditemui dalam acara technical meeting kompetisi Askab PSSI Ciamis 2018, HRK menuturkan cita-citanya untuk membangun Akademi Sepak Bola di Ciamis. Menurut HRK, Akademi Sepak Bola ini berbeda dengan SSB (Sekolah Sepakbola). Motivasi orang tua memasukkan anaknya ke SSB bisa beragam, diantaranya untuk tujuan kesehatan, agar anaknya terhindar dari pergaulan buruk, juga agar menjadi pemain profesional. Berbeda dengan Akademi Sepak Bola yang fokus pada pembinaan pemain sepak bola untuk mencetak pemain profesional.

HRK menjelaskan, sistem pendidikan Akademi Sepak Bola ini seperti layaknya pesantren, siswa akademi tinggal di sebuah asrama, dimana latihan sepak bola dimulai dari pagi hari, jeda waktu latihan digunakan siswa akademi untuk belajar di sekolah formal, latihan dilanjutkan pada sore hari dan malam hari digunakan untuk belajar dan mengaji. Tentu saja untuk menjadi siswa akademi akan ada proses seleksi, dan siswa yang diterima akan dibatasi maksimal 30 orang. Hal ini dimaksudkan agar proses pendidikan terfokus sehingga bisa mencetak pemain berkualitas dan profesional. Hal ini berbeda dengan SSB yang bisa menerima pemain berbakat maupun tidak, karena tujuannya adalah untuk belajar sepak bola.

“Kita membutuhkan lapangan sendiri sehingga latihan tidak terganggu dengan aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lainnya, selain juga pembangunan asramanya itu, asrama dan lapangan berdekatan.” Tutur HRK ketika ditanya tentang apa yang dibutuhkan untuk membangun Akademi Sepak Bola ini.

“Pokoknya kalau Akademi Sepak Bola belum ada, sementara saya keburu mati, saya pastiĀ ngajungjurigan,” tambahnya.

Semoga segera terwujud ya Coach, masyarakat Ciamis menunggu kehadiran Akademi Sepak Bola yang bisa mencetak pemain-pemain sepak bola profesional.

(K. Putu Latief) GALUH ID

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.