Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

Salah Satu Korban Keracunan Jamur Sempat Kritis di ICU RSUD Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Sebanyak empat orang warga Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, dilarikan ke Rumah Sakit dan salah satunya masuk ruangan ICU RSUD Ciamis.

Mereka dilaporkan mengalami mual, pusing dan muntah. Diduga, mereka keracunan usai menyantap jamur yang dimasak untuk dijadikan santapan lauk pauk bersama nasi.

Dari keempat orang tersebut, tiga diantaranya menjalani perawatan medis di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Sementara satu orang lainnya dilarikan ke ruang Intensive Care Unit (ICU) RSUD Ciamis.

Baca Juga : Keracunan Jamur, 4 Warga Kawali Ciamis Masuk Rumah Sakit

Direktur RSUD Ciamis dr. Rizali Sopyan membenarkan pihaknya menangani pasien warga Kawali yang diduga keracunan dengan gejala pusing, muntah dan mual.

“Dugaan karena keracunan jamur, mereka mengaku menemukan jamur di sembarang kebun. Lalu dimasak tanpa mengetahui jenis jemurnya,” jelas Rizali, saat ditemui di ruang IGD RSUD Ciamis, Selasa (10/3/2020).

Korban Keracunan Bernama Hamid Masuk ICU RSUD Ciamis

Rizali menjelaskan, dari empat orang pasien keracunan jamur ini, satu orang diantaranya bernama Hamid (65), terpaksa harus menjalani perawatan di ruang ICU.

“Pasien atas nama Hamid (65) harus dirawat di ICU karena sempat terhenti nafas sejenak, namun kondisinya kembali normal setelah dilakukan penanganan medis,” jelasnya.

Dua pasien korban keracunan lainnya bernama Riki Maulana (15) dan Yaya (41) hingga kini masih menjalani perawatan di ruang IGD RSUD Ciamis.

Sementara pasien bernama Asep Ari (24), kondisinya sudah membaik dan telah diperbolehkan pulang.

“Kondisi pasien yang keracunan saat ini umumnya sudah mulai stabil dan membaik. Bahkan siang ini pasien bernama Yaya sudah diperbolehkan pulang,” jelasnya.

Salah seorang pasien keracunan, Riki Maulana (15) mengaku memakan jamur tersebut dengan nasi pada Senin sore.

Selang kurang lebih 10 menit usai menyantap jamur itu, keringat dingin mulai bercucuran dan penglihatan matanya kabur.

Kemudian orang tuanya membawa Riki ke RSUD Ciamis atas rujukan Puskesmas setempat.

“Tak lama habis makan jamur, pusing sampai keluar keringat dingin, pandangan kabur lalu mual dan muntah,” kata Riki saat ditemui di RSUD Ciamis.

Sementara itu, Siti Solehah, Ibu dari Riki, menerangkan anaknya mengeluh pusing dan mengalami muntah-muntah. Hal itu setelah memakan sop jamur yang di masak oleh neneknya.

“Anak saya muntah-muntah dan keluar keringat dingin setelah makan sop jamur itu,” terangnya.

Jamur tersebut, diakuinya merupakan pemberian saudaranya yang diperoleh dari kelompok buruh pemotong kayu di hutan.

“Kakak ipar saya (Hamid), dan anak saya (Riki) yang makan jamur, dua-duanya masuk rumah sakit karena mengalami keracunan,” pungkas Siti. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pengamanan Pelaksanaan Pilkades Ciamis Kewajiban Bersama

Berita Ciamis, galuh.id - Pengamanan dalam pelaksanaan Pilkades Ciamis adalah kewajiban bersama. Tak hanya pemda, panitia dan para pemilih pun harus berperan...

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Temukan Kami

49,398FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Gugus Tugas Covid-19 Pusat Sebut Tak Lockdown Adalah Pilihan Terbaik

Berita Nasional, galuh.id - Semenjak masifnya penyebaran virus Corona di berbagai negara, kebijakan Lockdown kembali dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin besar.

RESMI: Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20 Tahun 2021

Berita Olahraga, galuh.id - FIFA memutuskan menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Penunjukan itu dilakukan saat pertemuan Dewan FIFA...

Dituduh Maling, Purnawirawan TNI di Ciamis Jadi Korban Salah Sasaran Amuk Massa

Berita Ciamis, galuh.id - Aksi main hakim sendiri kembali terjadi di wilayah hukum Polres Ciamis. Lantaran dituduh maling, seorang laki-laki paruh baya...

Promosi Destinasi Wisata di Ciamis, PPKH Gelar Rakor di Situ Hiyang Lumbung

Berita Ciamis, galuh.id - Pelaksana Program Keluarga Harapan Kabupaten Ciamis gelar Rapat Koordinasi (Rakor) di destinasi wisata alam, Situ Hiyang Lumbung Kabupaten...

Ridwan Kamil Imbau Warga Jabar Tidak Panik Beli Masker

Ridwan Kamil Imbau Warga Jabar Tidak Panik Beli Masker Berita Jabar, galuh.id - Menyusul kabar dua warga Depok...