Selasa, 13 April 2021
Selasa, 13 April 2021
BJB

Serius Tangani Covid-19, Bupati Ciamis Imbau Sosialiasi Protokol Kesehatan Ditingkatkan

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan bahwa pasien positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis setiap harinya mengalami peningkatan yang signifikan.

“Hasil tes per hari Senin (5/10/2020) tercatat ada 18 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya, dalam rakor penanganan Covid-19, Selasa (6/10/2020).

Maka dari itu, Herdiat mengimbau seluruh pihak bersama-sama menyosialisasikan tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan ditingkatkan kepada masyarakat.

Sosialisasi ke masyarakat dibutuhkan agar masyarakat betul-betul menyadari dan mematuhi protokol kesehatan.

Menurutnya, tak sulit untuk memerangi pandemi Covid-19. Sebab penularannya melalui mata, hidung dan mulut. Maka antisipasinya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan.

”Cuci tangan dengan sabun, pakai masker, jaga jarak dan yang paling penting yaitu terapkan perilaku PHBS,” jelasnya.

Protokol Kesehatan Harus Ditingkatkan

Selanjutnya, Herdiat menerangkan untuk mengatasi permasalahan Covid-19 ini pihaknya telah membuat Satgas sesuai dengan intruksi Menteri Dalam Negeri.

“Sesuai intruksi Mendagri kita sudah buat Satgas. Dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai Desa. Tujuanya agar sosialisaai Covid-19 benar-benar sampai pada masyarakat,” tuturnya.

Pada rakor tersebut, pemda juga mengundang tokoh agama dan para ulama di Kabupaten Ciamis untuk turut membantu menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan di kalangan masyarakat.

Sementara Wabup Ciamis Yana mengatakan, dengan mengatasi Covid-19 secara serius maka kegiatan ekonomi hingga kegiatan agama akan segera  kembali pulih seperti sedia kala.

Yana juga meminta agar semua sektor bekerja sama. Khususnya kepada tokoh agama untuk mengedukasi sebagian masyarakat yang tidak percaya adanya Covid-19.

“Terlepas itu rekayasa politik atau ekonomi. Faktanya Covid-19 itu ada. Korbanya ada. Itu yang harus tersampaikan kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Yana, lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena sampai saat ini obat untuk Covid-19 belum ada.

Rakor penanganan Covid-19 turut dihadiri oleh Kepala BPBD Ciamis, Kepala Bappeda, Kepala Dishub, Kepala Satpol PP, Kepala BPKD, Kepala FKUB, Direktur RSUD Ciamis.

Kemudian dihadiri juga oleh Ketua PCNU Ciamis dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ciamis.

Terahir, Bupati mengharapkan semua pihak dapat dengan sukarela bekerja sama saling bahu membahu menangani Covid-19 di Kabupaten Ciamis. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Ini Aturan Ibadah di Bulan Ramadhan Saat Pandemi di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar rakor tentang pelaksanaan ibadah pada bulan ramadhan bertempat di Aula Setda Ciamis, Senin (12/4/2021). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya...

Webinar Eco-Fest 2021, BEM FE UNIGAL Ciamis Bahas SDGs

Berita Ciamis, galuh.id - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh (BEM FE UNIGAL) Ciamis menggelar webinar sebagai puncak dari kegiatan Eco-Fest 2021. Acara puncak...

Warga Karyamukti Ciamis Olah Buah Aren Jadi Kolang Kaling

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi warga masyarakat Desa Karyamukti, Banjaranyar Ciamis, bulan puasa atau ramadhan merupakan bulan berkah. Hal tersebut terlihat ketika mereka sibuk...

Temukan Kami

47,744FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya