Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

SMKN 1 Ciamis Raih Juara 1 Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional 2019

Ciamis, galuh.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1) Ciamis mendapat juara 1 di ajang Lomba Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional Tahun 2019.

Sekolah yang lokasinya di sebelah Polres Ciamis ini keluar jadi juara dari kategori sekolah dengan Kinerja Terbaik (Best Performance).

Kepala SMKN 1 Ciamis, Ika Karniati mengatakan, warga SMKN 1 Ciamis ingin memberi yang terbaik untuk Kabupaten Ciamis dan Provinsi Jawa Barat.

“Saya melangkah menjadi Kepala SMKN 1 Ciamis sejak 2012. Ingin memberi yang terbaik untuk Ciamis dan Jawa Barat. Alhamdulillah, semua civitas SMKN 1 Ciamis mendukung program sekolah sehat hingga mendapat juara,” kata Ika kepada Galuh ID di kantornya, Jumat (15/11/2019).

Civitas Akademika SMKN 1 Ciamis bersama penghargaan Juara 1 Sekolah Sehat Berkarakter. Foto: Dok SMKN 1 Ciamis.

Dia mengungkapkan, dengan mendapatkan Juara I Sekolah Sehat Berkarakter, para siswa dibiasakan hidup bersih dan sehat. Lingkungan sekolah pun memang dijaga agar selalu bersih dan nyaman. Ika percaya lingkungan yang baik akan menghasilkan anak-anak berprestasi.

“Ada beberapa kriteria penilaian yang membuat SMKN 1 Ciamis juara Sekolah Sehat dan Berkarakter diantaranya, pemenuhan ruang usaha kesehatan sekolah (UKS) disesuaikan dengan standar sarana dan prasarana UKS yang dibimbing oleh Puskesmas Ciamis,” katanya.

Bahkan bukan hanya SMKN 1 Ciamis saja yang jadi juara, namun Puskesmas Ciamis pun meraih penghargaan juara 1 dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia kategori pembina sekolah dengan kinerja terbaik jenjang SMA/MA dan SMK.

“Kami juga secara rutin mendapat pembinaan dari Puskesmas Ciamis, makanan di kantin semua yang bersih dan sehat. Ada 10 pedagang kantin di SMKN 1 Ciamis semuanya sudah punya sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ujarnya.

Apa yang dilakukan oleh SMKN 1 Ciamis sesuai dengan visinya yaitu Lingkungan Sehat, Pribadi Hebat Prestasi Melesat. Menurutnya, ini adalah satu langkah yang sudah diciptakan untuk mencapai visi tersebut.

“Jadi kami yang harus cipatakan sendiri inovasi-inovasi untuk kebaikan siswa SMKN 1 Ciamis. Saya sebagai pimpinan juga hanya berupaya semampu apa yang sekolah miliki. Alhamdulillah bersyukur SMKN 1 Ciamis menjadi juara nasional berkat semua warga SMKN 1 Ciamis,” ujarnya.

Bahkan, Ika berharap agar pencapaian tersebut tidak hanya sampai di sana. Namun bisa dibawa sampai ke lingkungan lainnya.

“Bukan berhenti setelah pencapaian juara ini, tapi tetap harus jadi habit atau kebiasaan, bukan hanya di sekolah. Harus jadi imbas ke sekolah lain,” katanya. (GaluhID/Arul)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...